Mengecek Penekanan Tombol Keyboard

Buatlah program untuk memeriksa penekanan tombol keyboard. Gunakan perintah case untuk mengecek apakah tombol keyboard yang ditekan adalah karakter a, b, atau c. Untuk tampilan input dan output bebas, tergantung imajinasi Anda.

Jawaban:

Dalam bahasa Pascal, penekanan tombol keyboard dapat dilakukan dengan menggunakan fungsi Readkey. Jika Anda membuat game yang berbasis keyboard, penggunaan fungsi Readkey ini nantinya akan banyak dijumpai.

program Project1;

uses crt;

var
  ch : char;

begin
  writeln('Tekan salah satu tombol keyboard');
  ch := ReadKey;
  case ch of
       'a'  : writeln('Tombol yang Anda tekan adalah tombol A');
       'b'  : writeln('Tombol B adalah tombol yang Anda tekan');
       'c'  : writeln('Bukan tombol a dan b yang Anda tekan, melainkan tombol C');
       else
         begin
           writeln('Tombol yang ditekan adalah tombol ', ch);
         end;
  end;
  readln;
end.